Home » » Cara Merawat Pohon Durian

Cara Merawat Pohon Durian

Bagaimana cara merawat pohon durian dan pupuk apa yang paling bagus untuk pohon durian?



1. Pupuk Untuk Durian 

Sebelum melakukan pemupukan pada tanaman durian sebaiknya melihat terlebih dahulu keadaan tanah, kebutuhan tanaman akan pupuk, unsure hara yang terkandung didalam tanah tempat durian tersebut tumbuh. Pengetahuan tentang kondisi tanah ini penting agar kita mengetahui dosis dan jenis pupuk yang akan digunakan. Jenis pupuk yang digunakan untuk memupuk durian diantaranya, pupuk kandang, kompos, pupuk hijau serta pupuk buatan.
Pemupukan yang tepat dapat membuat tanaman tumbuh subur. Setelah tiga bulan ditanam, durian membutuhkan pemupukan susulan yang berupa NPK (15:15:15) 200 gr per pohon. Kemudian pupuk susulan yang berupa NPK harus dilakukan rutin seiap 4 bulan sekali hingga umur tanaman durian mencapai 3 tahun. Selanjutnya setahun sekali tanaman bisa dipupuk dengan pupuk organic berupa kompos atau pupuk kandang berkisar anatara 60-100 kg per pohon di musim kemarau. Pemupukan dilakukan dengan cara. menggali lubang mengelilingi batang bawah di bawah mahkota tajuk paling luar dari tanaman.
Tanaman durian yang telah berumur 3 tahun biasanya mulai membentuk batang dan tajuk. Setelah itu, setiap tahun durian membutuhkan tambahan 20–25% pupuk NPK dari dosis sebelumnya. Apabila pada tahun ke-3, durian diberi pupuk 500 gram NPK per pohon maka pada tahun ke-4 dosisnya menjadi 600-625 gram NPK per pohon. Kebutuhan pupuk kandang juga meningkat, berkisar antara 120-200 kg/pohon menjelang berbunga durian membutuhkan NPK 10:30:10. Pupuk ini ditebarkan pada saat tanaman selesai membentuk tunas baru (menjelang tanaman akan berbunga).


2. Cara Memupuk 

Buatlah lubang melingkari tanaman yang sudah disesuaikan dengan lebar tajuk pohon. Kedalaman lubang dibuat antara 20-30 cm. Tanah bekas galian tersebut disisihkan untuk menutup kembali lubang setelah disebarkan secara merata ke dalam lubang. Setelah itu tanah diratakan kembali, bila tanah dalam keadaan kering segera lakukan penyiraman.


3. Pemeliharaan Tanaman 

Pada pohon durian juga perlu dilakukan penjarangan buah, hal ini untuk mengantisipasi kematian durian dan agar tidak menghabiskan energi saat proses pembuahan. Penjarangan ini juga berpengaruh pada kelangsungan hidup, rasa, ukuran buah dan frekuensi pembuhan pada tiap tahun. Juga penyiangan perlu dilakukan untuk menghindari persaingan dengan tanaman lain seperti rumput yang tumbuh disekeliling pohon terutama selama masa pertumbuhan. Penyiangan ini dilakukan pada diameter 1 m di tiap tanaman. Juga perlu dilakukan pemangkasan untuk akar pohon sehingga menghambat pertumbuhan vegetatif tanaman sampai 40% selama ± 1 musim. Selama itu pula tanaman tidak dipangkas. Pemangkasan akar selain membuat tanaman menjadi cepat berbuah juga meningkatkan kualitas buah, yang bisa lebih keras dan lebih tahan lama.
Tanaman durian juga perlu peremajaan, khususnya untuk tanaman yang sudah tua dan kurang produktif, tapi dengan cara tidak membongkar atau menggantikan dengan tanaman baru yaitu dengan cara melakukan pemangkasan. Setelah 2-3 minggu maka akan tumbuh tumbuh tunas-tunas baru.



4. Pengairan dan Penyiraman 

Pengairan dan Penyiraman perlu dilakukan sebab durian membutuhkan air yang cukup pada masa pertumbuhan. Tentunya air yang digunakan tersebut tidak perlu sampai menggenangi tanaman hingga lama. Untuk itu perlu dibuatkan semacam saluran air atau drainase untuk menghindari air menggenangi bedengan yang ada di pinggir tanaman.
Ada beberapa petani yang memberikan juga zat pengatur tumbuh (ZPT). Zat ini berguna untuk mempengaruhi jaringan-jaringan pada organ tanaman. Zat ini sama sekali tidak memberikan unsur tambahan hara pada tanaman. ZPT bisa membuat tanaman menjadi lemah sehingga penggunannya harus disesuaikan dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan. Sebab pemakaian ZPT ini hanya dicampurkan saja.
Untuk hamanya yang perlu diperhatiakan adalah, penggerek buah, lebah mini, ulat penggerek bunga (Prays citry), Kutu loncat durian. Sedangkan untuk penyakitnya adalah phytopthora parasitica dan pythium complectens, Kanker bercak, Jamur upas
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

4 November 2017 at 00:13

Thanks gan, artikelnya sangat bermanfaat
Baca juga :

Gudang Tas Branded Murah Terbaru



gudang tas eceran harga grosir batam



Gudang tas wanita

5 March 2022 at 09:07

Tifa Fertitta - Tifa T-Fertitta
‎Contact us · titanium pry bar ‎Shanghai T-Fertitta · ‎Contact us titanium mens ring · samsung galaxy watch 3 titanium ‎Contact us micro titanium trim · ‎Shanghai 2014 ford focus titanium hatchback T-Fertitta

Post a Comment

About

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Durian Alasmalang Kemranjen Banyumas (WA, TLEP, SMS 0877 3808 1600) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger