Home » » HAMA dan PENYAKIT TANAMAN DURIAN SERTA SOLUSINYA

HAMA dan PENYAKIT TANAMAN DURIAN SERTA SOLUSINYA

HAMA dan PENYAKIT TANAMAN DURIAN SERTA SOLUSINYA




Penanggulangan hama dan penyakit merupakan hal yang sangat penting dalam usaha tani tanaman durian. Oleh karena serangan hama dan penyakit dapat menurunkan produksi dan kualitas buah, bahkan dapat mematikan tanaman durian. Penanggulangan hama dan penyakit dapat dilakukan seperti mencegah masuknya hama dan penyakit ke lokasi kebun dengan karantina bibit, memusnahkan tanaman, sampai melakukan sanitasi kebun dengan baik. Menanam tanaman pelindung juga dilakukan untuk mengalihkan serangan hama dan penyakit pada durian. Berikut ini hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman durian :

1.     Hama Tanaman Durian

       1. Hama Penggerek Batang
Adapun hama yang sering menyerang tanaman durian adalah hama penggerek batang, Batocera Naminator,  Xylentus Lenconotus, Lamzera Coffeae. Hama ini menyerang dengan membuat lubang pada batang, dahan dan ranting. Ciri-ciri serangan penggerek tersebut ditandai dengan adanya lubang yang disertai kotoran dan cairan berwana merah dari bekas kayu yang diserang penggerek, akibat serangan tersebut tanaman menjadi layu, daun – daun kering dan rontok akhirnya tanamanpun mengalami kematian. Pengendalian terhadap penggerek batang antara lain dengan cara sebagai berikut :
a.       Menjaga sanitasi kebun dengan cara memusnahkan rumput – rumputan, gulma, tanaman inang, dan daun – daun durian yang sudah rotok.
b.      Memotong dan memusahkan batang dan ranting yang terkena serangan hebat.
c.       Menutup bekas lubang penggerek dengan kapas yang sudah diberi insektisida sistemik.
d.      Menyuntik tanaman dengan menggunakan insektisida sistemik melalui akar atau daun.


2.       2. Kutu Loncat

Kutu loncat umumnya menyerang daun yang masih muda dengan cara menghisap cairannya. Gejala yang ditimbulkanya secara langsung adalah daun berwarna berbintik – bintik berwarna kecoklatan. Daun keriting berlubang, dan berukuran tidak normal / kerdil. Hama ini berukuran kecil, warnanya cokelat dan diselimuti benang – benang lilin berwarna putih sebagai hasil sekresinya. Pengendalian kutu loncat dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida sistemik seperti : Curacron, Dursban, dll dengan konsentrasi 0,2 %.


3.      3.  Kutu Putih
Hama kutu putih (Psendococus sp.) berbentuk bulat kehijauan dan tumbuhnya diselimuti oleh lapisan lilin agak keputihan. Kutu ini menyerang tanaman durian dengan menghisap cairan daun, hama ini juga menyerang penyakit embun jelaga. Kotoranya yang manis mengundang semut sehingga penyebaranya mengikuti semut. Akibat serangan kutu putih daun menjadi keriting dan merana. Bunga dan buah dapat mengalami kerontokan pemberantasan kutu putih harus sekaligus dengan embun jelaga dan semut yang menjadi sarana penyebaranya pemberantasan dapat dapat menggunakan insektisida dan akarisida.


PENYAKIT TANAMAN
1.     

      1.  Kanker Batang dan Mati Pucuk
Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Phitophihora palmifora adalah penyakit yang cukup ganas dengan tingkat kematian hingga 50 %. Tanda – tanda yang terkena kanker adalah adanya luka yang mengeluarkan lendir berwarna merah pad kulit batang bagian bawah dekat tanah. Serangan yang hebat membuat batang menjadi busuk, kayunya terbuka dan berwarna merah kecoklatan berbintik merah dan atau ungu, bila serangan semakin mengganas tanaman dapat mati cendawan ini biasanya menyerang tanaman yang digunakan untuk batang bawah pengendalianya selain dengan menggunakan sanitasi kebun, memperlebar jarak tanam, menekan gulma, memangkas tanaman, dapat juga menyemprotkan fungisida (Benlate) pada tanaman atau dengan mengoleskan pada batang yang terluka lalu menutupnya dengan parafin.
2.     

         2.  Busuk Akar
Penyakit busuk akar dapat menyerang tanaman dewasa maupun yang masih bibit. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Pyhium vekans. Serangan ditandai dengan bercak nekrotik yang berawal dari ujung akar lateral. Jika akar dibedah pada bagian korteks akan terlihat warna cokelat dan pada bagian yang berkayu akan tampak warna merah muda dengan bercak cokelat. Penyakit busuk akar selain disebabkan oleh Phytmum Vexans dapat juga oleh Fisarium sp. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian langsung pada tanaman durian. Penanggulanganya dengan menyemprotkan fungisida dengan bahan aktif : metalaxyl, fosetyl alumunium, atau etridiazole tanaman yang sudah terserang dan mati sebaiknya dibakar dan bekas lubangnya diberi kapur, pencegahan dapat dilakukan dengan pada musim hujan system drainase kebun diperbaiki agar tidak terjadi genangan air yang dapat membusukan akar.
3.     

          3. Bercak Daun


Penyebab terjadinya penyakit bercak daun adalah cendawan colletotrichun durionis. Gejala serangan ditandai dengan timbulnya bercak – bercak besar kering pada daun tanaman yang akhinya menjadi lubang, serangan ini dapat menyebabkan terganggunya fotosintesis pada daun, pengendalian bercak daun dapat dilakukan dengan memotong bagian tanaman yang terserang atau dengan menyemprotkan fungisida yang berbahan aktif tembaga.
4.     

          4. Jamur Umpas
Penyakit ini disebabkan oleh jamur umpas (Pink disease). Gejala yang ditimbulkan yaitu munculnya cairan berwarna kuning pada bagian batang yang terserang dan diselimuti dengan benang – benang jamur berwarna metalik seperti sarang laba – laba. Pada kelembaban yang tinggi benang – benag tersebut akan berubah warna menjadi merah muda (Pink). Serangan jamur umpas ini dapat mengakibatkan kematian cabang, penanggulanganya dengan mengoleskan fungisida berbahan aktif tembaga pada bagian yang terserang. Mengurangi kelembaban diareal penanaman, memotong bagian yang terserang, dan menyemprot tanaman dengan fungisida seperti : Ditane M-45, dll.
5.     

          5. Busuk Buah
Penyakit busuk buah disebabkan oelh cendawan Phytophhthora palmivora. gejala serangan terlihat adanya bercak – bercak basah berwarna cokelat kehitaman pada kulit buah. Setelah beberapa lama buah akan busuk basah pada bagian yang terserang akan terbentuk miselium dan spogaria berwarna putih. Penanggulamgan penyakit ini selain dengan menyemprotkan fungisida juga dibarengi dengan penyemprotan insektisida untuk membunuh serangga dan siput yang menjadi vektornya. Buah yang telah diserang harus dibuang.

PENYAKIT FISIOLOGIS
1.    

      1. Ujung Daun Mengering
Tanaman durian yang terserang penyakit ini ditandai dengan mengeringnya bagian ujung daun dan pinggir – pinggir daun dan berwarna cokelat. Penyebab penyakit ini adalah tanaman durian kekurangan unsure mikro Zn. Penyakit ini dapat mempengaruhi fotosintesis daun. Penanggulanganya dapat dilakukan degan menyemprotkan unsure mikro Zn pada daun. Selain karena kekurangan unsure Zn penyakit ini terjadi karena kekurangan air. Setelah tanaman disiram dan kebutuhan air telah tercukupi kondisi daun tanaman akan berangsur pulih.
2.     

      2. Daging Buah Keras
     Penyakit ini ditandai dengan mengerasnya beberapa bagian buah durian. Selain itu buahnya pun berwarna pucat dan rasanya hambar. Penyakit ini terjadi pada buah durian karena jumlah biji terlalu banyak, selain itu factor lain adalah kekurangan kalsium dan magnesium.
Share this article :

+ komentar + 23 komentar

30 September 2018 at 23:49

BISMILLAH
KAPAN YA ALAS MALANG MULAI PANEN DURIAN

12 October 2018 at 03:52

ujung daun mengering, dan merambat ke seluruh batang dan ranting. kemudian pertumbuhan nya terhenti, apakah termasuk penyakit fisiologis ?

30 October 2018 at 20:04

Assalaamualaikum...
Daun hampir semuanya berlubang dan banyak yang rontok, termaksud penyakit apa Gan..? dan bagaimana cara penanganannya...? mohon pencerahannya..

22 November 2018 at 19:41

Sekarang juga dah panen

27 November 2018 at 05:29

Menangani busuk buah durian dipokok cara alami bagaimana ya tolong dong
Penjelasannya selain harus semprot pestisida terima kasih......

30 November 2018 at 15:56

Assalamualaikum gan.
Cara mengatasi daun yang menguning lalu rontok bagaimana gan?

24 December 2018 at 02:50

Thanks for these important informations

24 December 2018 at 02:50

Thanks for these important informations

30 December 2018 at 20:29

Cara mengatasi rontok pentol bakal bunga bagaimna yaa utk durian montong ?
Obat fungi rekomen apa yaa ?
Terima kasih

16 January 2019 at 06:32

Mohon penjelasan untuk mengatasi buah busuk dan rasa tidak enak

22 January 2019 at 01:09

Ujung bakal daun berlendir putih akhirnya pupus mati/busuk, bagaimana menanggulangi hal ini ?

25 January 2019 at 10:06

Ap solusi ny bubit di serang jamu

9 February 2019 at 21:05

Klo kena kutu putih, solusinya gimana ya? Kasih apa atau diapain gitu. Maap masih awam..
Thx.

7 March 2019 at 22:47

Batang pokok dan batang penuh dg jamur,bgmn mengatasinya

6 September 2019 at 02:49

Bagaimana mengatasi ujung daun menguning dan kering sehingga pohon durian berhenti tidak mau tumbuh tunas baru

8 October 2019 at 04:59

Dapat disemprot dengan menggunakan regent atau sejenisnya. Jangan lupa ditambah larutan cabai dan deterjen.
Bisa juga dengan memelihara semut rangrang.

30 December 2019 at 04:18

Assalamualaikum, mhn informasinya, apakah pertengahan Maret msh musim durian di Alasmalang?? Ada rencana pertengahan Maret mao ke sana. Trima ksh.
Wassalam.

25 January 2020 at 07:59

assalamualakum..
gimana solusinya durian busuk di dalam/hama lalat buah...mohon infonya

2 April 2020 at 14:16

Asalamungalaikum.pohon durian umur 6 buln batang penuh degan jamur bagaimana cara mngatasi nya

25 May 2020 at 12:57

Bagaimana cara mengatasi daun dan batang yg keriting gan..
Mohon solusi yang terima kasih

27 May 2020 at 18:45

Bagaimana cara mengatasi bintik bintik kuning di bawah daun durian apakah hama atau penyakit

22 June 2020 at 07:48

Dg sangat menyesal, admin menyampaikan permohonan maaf yg sebesar-besarnya karena belum bisa menjawab satu persatu pertanyaan dikarenakan kurang update blog.

InsyaAlloh semoga kedepannya bisa menjawab semua pertanyaan dg segala keterbatasan saya, karena (maaf) saya bukanlah ahli🙏🙏🙏

14 December 2020 at 06:05

Semangat terus petani duren...aku melanjutkanya dengan menggandeng kemitraan disemua lini dan golongan,dengan sistem kontrol,pemupukan, dan perawatan yg ketat dan tepat akan menghasilkan kuwalitas duren yang membanggakan Banyumas raya

Post a Comment

About

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Durian Alasmalang Kemranjen Banyumas (WA, TLEP, SMS 0877 3808 1600) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger